Kamis, 01 September 2011

1 dari 10 menara gedung tertinggi hasil karya teknik sipil (1 of 10 towers the tallest building of civil engineering works)


Peresmian Burj Khalifa, Gedung Tertinggi di Dunia, tingginya 6 kali Monas

Burj Khalifa

Metrotvnews.com, Dubai: Peresmian gedung pencakar langit tertinggi di dunia “Burj Khalifa” yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (4/1) malam, berlangsung meriah.
Peresmian gedung setinggi 828 meter ini dilakukan penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Makhtoum. Peresmian gedung yang dibangun sejak tahun 2004 ini ditandai dengan pesta kembang api yang spektakuler. (RIZ)
Burj Khalifa – Dubai Resmi Beroperasi

Anwar Khumaini – detikNews
Dubai – Sejarah telah terukir. Gedung tertinggi di dunia telah diresmikan dalam sebuah upacara kembang api yang dramatis di Dubai, Uni Emirat Arab.
Khalifa Burj, gedung yang berbentuk mata pena ini memiliki ketinggian 828 meter (2.716 kaki), jauh lebih tinggi dari pemegang rekor sebelumnya, Taipei 101.
Acara dibuka secara resmi oleh penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum.Sheikh Mohammed menggambarkan menara sebagai bangunan tertinggi yang pernah dibuat oleh tangan manusia.
“Proyek besar ini layak untuk membawa nama orang besar. Hari ini saya secara langsung meresmikan Burj Khalifa,” katanya seperti dilansir bbc.com, Senin (4/1/2010).
pembangunan burj_khalifa
Pembangunan Burj Khalifa
Pembangunan Burj Dubai dimulai pada tahun 2004, saat Dubai berada pada puncak pertumbuhan ekonomi ekonomi. Dan saat ini, meski Dubai sedang dilanda krisis, namun pembangunan menara tertinggi di dunia itu pun akhirnya selesai juga.
Burj Dubai tinggi menjulang lebih dari 800 meter dan memiliki lebih dari 160 lantai. Burj Dubai memecahkan sejumlah rekor mulai darigedung tertinggi di duniajumlah lantai paling banyaklift terjauh dan tercepat (64 km/jam), dan menara pandang tertinggi.


Burj Dubai menyediakan 900 apartemen dari lantai 19 sampai 108. Apartemen ini terdiri mulai dari yang mungil bertipe studio, sampai apartemen satu, dua, tiga dan 4 lantai.
Para penghuni apartemen akan dimanjakan dengan tempat fitness, kolam renang, jacuzzi, dan ruang rekreasi yang semuanya mewah. Masih ada lagi supermarket, ruangan untuk para penikmat tembakau, perpustakaan dan tentu saja vallet parking untuk 3.000 kendaraan.
Klub kesehatan empat lantai yang juga terbuka untuk umum. Isinya ada gymnasium khusus perempuan, spa, dan kolam renang. Burj Dubai juga punya taman 11 hektar yang indah dengan 6 tempat air mancur, dua lapangan tenis, dan taman bermain anak-anak.
Upacara pembukaan berlangsung secara meriah. 6.000 tamu undangan menghadiri acara yang berlangsung 1.325 hari setelah pondasi pertama bangunan ini diletakkan.
(anw/mpr)
5 gedung tertinggi
Kalo di hitung dari 5 gedung tertinggi di dunia yang ada diatas, salah satunya merupakan Gedung Petronasyang ada di asia tenggara yaitu malaysia.
Gedung gedung tersebut dibuat melalui tingkat perhitungan yang rumit dan kompleks.


Berikut ini daftar gedung tertinggi di dunia saat ini (termasuk yang sudah "hilang") dan yang akan datang (belum termasuk Burj Mubarak Al-Kabir.
1. Burj Dubai di Dubai (+/- 800 m) . . . . . . selesai tahun 2008
2. Freedom Tower di New York (+/- 541 m) . . . . .  selesai tahun 2009
3. Taipei 101 di Taiwan (+/- 509 m) . . . . . tahun 2004
4. Shanghai World Finance Center di China (+/- 492 m) . . . tahun 2007
5. Petronas Tower di Malaysia (+/- 452 m) . . . . tahun 1998
6. Sears Tower di Chicago (+/- 442 m) . . . .  tahun 1974
7. Jin Mao Tower di China (+/- 421 m) . . . .  tahun 1999
8. World Trade Center di New York (+/- 417 m) . . . .  tahun 1972 / 73
9. Two International Finance Center di Hongkong (+/- 415 m) . . . tahun 2003
10. Empire State Building di New York (+/- 381 m) . . . . tahun 1931
————————————

Burj Khalifa

.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
.
Burj Khalifa (bahasa Arab untuk ‘Menara Khalifah‘), sebelumnya Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit yang masih dalam konstruksi di DubaiUni Emirat Arab. Ketinggian pencakar langit ini masih dirahasiakan sampai bangunan selesai, meskipun baru-baru ini, telah diumumkan pada tanggal 19 Januari 2009 oleh kontraktor yang bekerja di proyek ini, kalautop out berada di ketinggian 818 meter (2.683 kaki).
Meski belum selesai sepenuhnya, Burj Khalifa telah menjadi bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007. Pada tanggal 12 September 2007, Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di BlanchardNorth Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati. Ketinggian pastinya masih dirahasiakan sampai bangunan selesai, namun dipercayai kira-kira 818 meter (2.683 kaki). Struktur tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia, Menara Radio Warsawa 645,4 m (2.120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008.


Rekor lain

Burj Dubai memecahkan sejumlah rekor selain dari gedung tertinggi di dunia:
  • Menara ini mempunyai elevator / lift terjauh dan tercepat (64 km/jam)
  • Bangunan dengan paling banyak lantai: 160 (sebelumnya Menara Willis dan World Trade Center – 110 lantai)
  • Menara pandang tertinggi
http://id.wikipedia.org/wiki/Burj_Khalifa
Di masa yang canggih ini Negara Timur Tengah sepertinya sedang berlomba-lomba untuk menjadi negara yang ter-apapun di dunia.
Setelah sebelumnya di Dubai dibangun gedung tertinggi di dunia dengan nama Burj Dubai (sekitar  800 meter), Kuwait akan "menyalip" rekor Burj Dubai dengan gedungnya yang diberi nama  Burj Mubarak Al-Kabir.
Gedung yang terletak di Madinat Al-Hareer rencanya akan dibangun setinggi 1.001 meter.
Rencananya gedung tersebut akan selesai dalam waktu 25 tahun dengan biaya sekitar 85 miliar dollar (maaf, kami tidak sanggup menghitungnya dalam rupiah karena angka NOLnya terlalu banyak). Lama banget yah??? 

Burj Mubarak Al-Kabir

Al Burj merupakan salah satu perlombaan pembuatan gedung yang direncanakan mencapai 1,2 km
Di masa yang canggih ini Negara Timur Tengah sepertinya sedang berlomba-lomba untuk menjadi negara yang ter-apapun di dunia.
Setelah sebelumnya di Dubai dibangun gedung tertinggi di dunia dengan nama Burj Dubai (sekitar  800 meter), Kuwait akan "menyalip" rekor Burj Dubai dengan gedungnya yang diberi nama  Burj Mubarak Al-Kabir.
Gedung yang terletak di Madinat Al-Hareer rencanya akan dibangun setinggi 1.001 meter.
Rencananya gedung tersebut akan selesai dalam waktu 25 tahun dengan biaya sekitar 85 miliar dollar (maaf, kami tidak sanggup menghitungnya dalam rupiah karena angka NOLnya terlalu banyak). Lama banget yah???

Jumat lalu (19 Maret 2007) ada berita bahwa Al Burj, kenaikantinggi direncanakan di Dubai oleh Nakheel, akan mencapai1.200 meter. Menurut beberapa rumor ketinggian 1.600 meterawal, tapi turunkan.

Rupanya dua proyek serupa lainnya ada di kawasan Teluk:Mubarak Al-Kabir Menara (Kuwait, 1.001 m) dan Murjan Tower (Bahrain, 1.022 m).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar